Wednesday, January 23, 2013

Rangkuman tentang LINUX (Produktif TKJ)

Assalamu'alaikum .
kali ini saya akan mengilas balik tentang pelajaran saya minggu lalu di sekolah, dan ini adalah hasil rangkuman  yang saya tulis. oke langsung saja ya !!

PENGERTIAN LINUX
Linux adalah  Suatu sistem operasi (SO) yang bersifat multi user dan multi tasking yang dapat berjalan di berbagai Platform termasuk processor intel 386 atau yang lebih tinggi.


SEJARAH LINUX
• Awalnya dibuat oleh mahasiswa Finladia yang bernama : Linus Tovalds
• Inspirasi dari MINIX yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.
• Agustus 1991 keluar LINUX versi 0.01
• 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi LINUX yaitu versi 0.02 yang hanya dapat dijalankan SHELL BASH (GNU Bourne Again Shell) dan GCC (GNU C compiler).
• Saat ini LINUX adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software, dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari.
• LINUX bisa diperoleh dalam berbagai distribusi (sering disebut DISTRO).
• DISTRO adalah bundel dari kernel LINUX, beserta sistem dasar LINUX, program instalasi, tools basic dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan DISTRO.

DISTRO LINUX (bundel dari kernel LINUX, beserta sistem dasar LINUX, program instalasi, tools basic dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan DISTRO.)
•  UBUNTU
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai software bebas.

• RedHat ; distribusi yang paling populer. Merupakan distribusi pertama yang diinstalasi dan pengoperasiannya mudah.
• Debian ; distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program.
• Slackware ; merupakan distribusi yang pernah merajai dunia LINUX. Pada distro slackware, semua isinya adalah sudah teruji dan dianjurkan untuk menginstal dari source sehingga setiap program yang diinstall teroptimasi dengan sistem.
• SuSe ; merupakan distribusi pertama yang instalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia.
• Mandrake ; merupakan varian distro RedHAt yang dioptimasi untuk pentium
• WinLinux ; distro yang dirancang untuk diinstall diatas partisi DOS (WINDOWS). WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under windows.

BAGIAN PENTING KERNEL LINUX
1. Manajemen proses
2. Manajemen memori
3. Hardware dence drivers
4. File System drivers
5. Manajemen jaringan

PERBEDAAN MENDASAR LINUX
*Lebih murah dan dapat diperbanyak serta didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti
*Source Code Linux tersedia bagi semua orang, sehingga setiap orang dapat terlibat langsung dalam pengembangannya.

KELEBIHAN LINUX 
*Linux memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer, dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam hardisk tersebut.
*Linux menyediakan service untuk membuat memodivikasi program, process dan file.
*Linux dapat melakukan multitasking yaitu keadaan dimana suatu Sistem Operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat bersamaan.
*Linux dapat mendukung Multiuser yaitu Sistem Operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari 1 user yang masuk ke dalam sistem.
*Linux mendukung multi console pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari 1 user masuk ke dalam sistem.

SISTEM OPERASI (SO) Linux terdiri dari :
-Kernel
-Program Sistem
-Program Aplikasi
=> Kernel merupakan inti dari SO yang mengatur penggunaan memori, piranti masukan dan pengeluaran, proses-proses, pemakaian file pada file system dan lain-lain. Kernel juga menyediakan sekumpulan layanan yang digunakan untuk mengakses kernel yang disebut "System Call". System Call digunakan untuk mengimplemasikan berbagai layanan yang dibutuhkan oleh SO.
=> Program Sistem dan program lainnya yang berjalan disebut User Mode.

PERBEDAAN MENDASAR ANTARA PROGRAM SISTEM DAN PROGRAM APLIKASI
Program sistem dibutuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan, sedangakan prgram aplikasi adalah program yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu..

Sekian pembahasan untuk kali ini.
Terima kasih atas kunjungannya.

Wassalamu'alaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment